SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK
NEGERI 4 BAU - BAU
KOPETENSI KEAHLIAN : NAUTIKA
KAPAL NIAGA
STANDAR KOPETENSI : Menggunakan Alat-alat Navigasi Konvensional
KELAS / SEMESTER : X
ALOKASI
WAKTU : 80 x 45 Menit
KOPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Mengoperasikan alat Perum tangan
|
§ Prinsip kerja pengoperasian
dan penentuan kecepatan kapal dengan mengunakan alat navigasi perum tangan
dapat dilakukan dengan benar
§
Persiapan
pengoperasian perum tangan dilakukan
dengan cermat dan sesuai dengan SOP
1.
Peralatan
Perum tangan dioperasikan dengan
cermat sesuai manual operasi
§
Upaya-upaya
untuk menjaga akurasi data –data saat
menentukan kecepatan kapal dilakukan dengan tepat
|
§
Cara
pengoperasian Perum Tangan
§
Cara
penggunaan dan Perawatan Perum tangan
§ Penentuan kecepatan
kapal dengan menggunakan perum tangan
|
1.
Memahami cara pengoperasian Perum tangan
2.
Mengidentifikasi data-data perum pada saat menentukan kecepatan
kapal
§
Memahami
prinsip kerja Perum tangan
§ Menentukan kecepatan
kapal dengan menggunakan perum tangan
§
Mengoperasikan perum tangan
|
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Observasi
|
4
|
4(8)
|
6(24)
|
§ Buku alat-alat
navigasi konvensional
§ Buku alat navigasi
biasa
§ Modul
§ Buku-buku yang
relevan
|
2.
Mengoperasikan alat magnetik kompas
|
§ Prinsip kerja pengoperasian
dan penentuan arah haluan kapal dengan
mengunakan alat magnetik kompas dapat dilakukan dengan benar
§
Persiapan
pengoperasian alat magnetik kompas dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan
SOP
1.
Peralatan
magnetik kompas dioperasikan dengan cermat sesuai manual
operasi
|
§
Cara
pengoperasian magnet kompas
§
Cara
penggunaan dan Perawatan magnetik kompas
§ Penentuan baringan,arah
dan haluan kapal dengan magnetik kompas
|
§
Memahami cara pengoperasian Magnetik kompas
§
Memahami
prinsip kerja Magnetis kompas
§ Menentukan arah
haluan kapal dengan menggunakan
magnetik kompas
§
Mengoperasikan dan
merawat magnetis kompas
|
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Observasi
|
6
|
|
6(24)
|
§ Buku alat-alat navigasi
konvensional
§ Buku alat navigasi
biasa
§ Modul
Buku-buku yang relevan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
3.
Mengoperasikan sekstan
|
§ Prinsip kerja pengoperasian
dan penentuan benda-benda angkasa dengan mengunakan sekstan dapat dilakukan
dengan benar
§
Persiapan
pengoperasian sekstan dilakukan dengan
cermat dan sesuai dengan SOP
1.
Peralatan
Sekstan dioperasikan dengan cermat
sesuai manual operasi
§
Upaya-upaya
untuk menentukan dan menjaga akurasi data –data saat menentukan tinggi benda angkasa dilakukan
dengan cermat dan tepat
|
§
Cara
pengoperasian
sekstan
§
Cara
penggunaan dan Perawatan sekstan
§ Penentuan tinggi
benda angkasa dengan menggunakan sekstan
§ Jenis-jenis sekstan
|
1.
Memahami cara pengoperasian sekstan
2.
Mengidentifikasi data-data sekstan pada saat pengukuran tinggi
benda angkasa
§
Memahami
prinsip kerja sekstan
§ Menentukan tinggi
benda angkasa dengan sekstan
§
Menggunakan sekstan
|
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Observasi
|
6
|
2(4)
|
8(32)
|
§ Buku alat-alat
navigasi konvensional
§ Buku alat navigasi
biasa
§ Modul
§ Buku-buku yang
relevan
|
4.
Mengoperasikan alat penjera cela benang
|
§ Penentuan Arah dan nilai baringan dengan
mengunakan alat penjera cela benang dapat dilakukan dengan benar
§
Persiapan
pengoperasian alat baring penjera cela dilakukan dengan cermat dan sesuai
dengan SOP
1.
Peralatan
penjera cela dengan benang dioperasikan dengan cermat sesuai manual
operasi
|
§
Cara
pennggunaan alat penjera cela benang
§
Cara
penggunaan dan Perawatan penjera cela benang
§ Penentuan nilai baringan,arah
dan haluan kapal dengan penjera cela benang
|
§
Memahami cara penggunaan alat penjera cela benang
§
Memahami
cara kerja dalam menggunakan penjera cela
§ Menentukan nilai
baringan benda-benda darat dalam
menentukan posisi kapal dengan penjera cela benang
§
Mengoperasikan dan
merawat Penjera cela benang
|
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Observasi
|
4
|
|
4(16)
|
§ Buku alat-alat
navigasi konvensional
§ Buku alat navigasi
biasa
§ Modul
Buku-buku yang relevan
|
KOPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
5.
Mengoperasikan alat Choronometer
|
§ Prinsip kerja pengoperasian
dan penentuan suhu udara dengan
mengunakan choronometer dapat dilakukan dengan benar
§
Menentukan
suhu dengan menggunakan choronometer dapat
dilakukan dengan cermat dan
sesuai dengan SOP
|
§
Cara
melihat choronometer
§
Cara
penggunaan dan Perawatan choronometer
§ Penentuan suhu
udara dengan menggunakan chorono meter
§ Penempatan
choronometer diatas kapal
|
1.
Memahami cara penggunaan choronometer
2.
Mengidentifikasi data-data choronometer pada saat pengukuran
suhu udara
§
Memahami
cara menentukan suhu udara dengan choronometer
§ Menentukan suhu
udara
§
Melihat dan memahami penggunaan chorono meter
|
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Observasi
|
4
|
4(8)
|
8(32)
|
§ Buku alat-alat
navigasi konvensional
§ Buku alat navigasi
biasa
§ Modul
§ Buku-buku yang
relevan
|
6.
Mengoperasikan alat Topdal tunda
|
§ Prinsip kerja dan
teknik pengoperasian Topdal tunda dikuasai dengan benar
§ Persiapan pengoperasian Topdal tunda dilakukan
sesuai SOP yang berlaku
§ Topdal tunda dioperasikan dengan cermat
sesuai manual operasi
§ Data dan informasi
Topdal tunda diiterpretasi untuk mengukur kedalaman laut dapat dilakukan dengan cermat sesuai SOP
|
§ Mempelajari cara
mengunakan topdal tunda
§ Cara menentukan
kedalaman laut dengan topdal tunda
|
§
Memahami cara penggunaan Topdal tunda
1.
Mengidentifikasi data-data Topdal tunda pada saat pengukuran
kedalaman laut
§
Memahami
cara menentukan kedalaman laut
§
Menentukan
kedalaman laut dengan menggunakan topdal tunda
|
§ Tes Tertulis
§ Tes Lisan
§ Observasi
|
4
|
2(4)
|
8(32)
|
§ Buku alat-alat
navigasi konvensional
§ Buku alat navigasi
biasa
§ Modul
Buku-buku yang relevan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar