Blog tutorial|Free Template|HTML Tutorial|Dan tips&trik mengenai internet|


Server times:

Rabu, 22 Agustus 2012

Soal Ujian Akhir PLPG SD 2012 dan Kunci Jawaban


SOAL UJIAN AKHIR PLPG SD

Pilihan Ganda. 
1 Ciri-ciri  khas  guru  yang  mempunyai  tanggung  jawab 
   pribadi yang tinggi, kecuali :  
a. Mengerjakan  pekerjaan  yang  diberikan  kepadanya 
    secara tuntas 
b. Selalu berusaha menghasilkan yang terbaik 
c. Merasa  bertanggung  jawab  atas  semua  yang 
    dihasilkannya baik yang buruk atau yang jelek
d. Sering menyalahkan orang  lain dan kondisi, kalau 
    ada hal-hal yang kurang tepat salah   
2. Contoh  pribadi guru  yang melaksanakan  tugasnya 
    secara profesional, diantaranya :  
     a. Setiap hari datang ke sekolah selalu pagi 
b. Melaksanakan peran guru sepanjang waktu 
c. Membuat jurnal harian 
d. Membimbing anak les  
3.Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali : 
a. Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma      profesi  guru  
b.Sebagai  landasan  moral  dan  pedoman  tingkah  laku 
   setiap guru dalam menunaikan tugas  kepribadiannya. 
c.Pedoman  berperilaku  di  sekolah  dan  dalam  
    kehidupan sehari-hari di masyarakat  
d.Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak  profesional para anggota profesi keguruan  
4.Etos kerja yang perlu dipahamidan dijadikan budaya kerja bagi guru karena beberapa alasan,  kecuali : 
     a. Kerja itu rahmat, oleh karena itu guru perlu jiwa besar
         ,pikiran luas, hati baik, sumber berkah,   suka cita,
         ikhlas, bersyukur 
b. Kerja  itu  amanah,  oleh  karena  itu  guru  harus  adil
         benar,  jujur,  aman  terpercaya,  bertanggung  jawab, 
         pembangun dan pengembang 
c. Kerja  itu  panggilan,  oleh  karena  itu  guru  harus
         responsif,  ekspresif,  unik,  khas,  berintegrasi, 
         tumbuh menjadi bigger-higher, dan better. 
d. Kerja  itu  seni,  oleh  karena  itu  guru  harus  pandai 
         bernyanyi, menari dan suka berpenampi        lan indah  
5.  Beberapa  komitmen  yang  harus  dilaksanakan  secara 
      berkelanjutan  oleh  guru  ,  berkaitan  dengan  gelar 
      profesional yang disandangnya, kecuali : 
 a. Selalu  belajar  mengembangkan  pengetahuan  dari 
          berbagai sumber 
b. Mengembangkan kurikulum sesuai kemampuan 
c. Selalu  memperhatikan  keragaman  latar  belakan 
          keluarga peserta didik 
d. Memenuhi kebutuhan  individual dalam belajar di kelas     maupun di area sekolah  


6.   PAKEM merupakan singkatan dari : 
a.  Pembelajaran  Aktif,  Kreatif,  Ekonomis 
          dan Menyen angkan 
b.  Pendidikan  Aktif,  Kreatif  Efektif  dan Menyenagkan c.  Pembinaan  Aktif,  Kreatif,  Efektif  dan Menyenangkand.  Pembelajaran  Aktif,  Kreatif  namun  tetap  Efektif 
          dalam suasana yang menyenagkan  
7.  Salah satu ciri PAKEM adalah  : 
a.  Dominan menggunakan metode ceramah 
b.  Sumer belajar utama adalah buku paket 
c.  Lingkungan sebagai sumer belajar 
d.  Pembelajaran erpusat pada guru   
8.  Salah  satu  cri  pembelajaran  yang  erpusat  pada  guru
      adalah : 
a.  Siswa sktif 
b.  Guru menciptakan pembelajaran yang menantang 
c.  Jawaban siswa harus sama dengan guru 
d.  Metode pembelajaran ervariasi                                                    
9.  Pembelajaran  yang  erpusat  pada  guru  dapat
     mengakibatkan :  
     a.  Motivasi belajar anak meningkat 
b.  Siswa kurang dapat bekerja sama 
c.  Guru menjadi kreatif 
d.  Pembelajaran bermakna  
10. Hal  yang  harus  diperhatikan  dalam  melaksanakan 
       PAKEM adalah : 
a.  Guru memahami anak secara perorangan 
b.  Memanfaatkan uku paket sebagai sumber belajar 
c.  Menyamakan aktif fisik dengan aktif mental 
d.  Guru tidak memberikan umpan balik  
11. Berikut ini adalah hal-hal yang harus  termasuk
       dalam abstrak, kecuali : 
a. Tujuan penelitian 
b. Metode penelitian 
c. Daftar pustaka 
d. Kesimpulan  
12.Hal  yang  penting  disampaikan  pada  latar  belakang 
      masalah adalah : 
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran 
b. Upaya apa yang pernah dilakukan 
c. Apa  akibatnya  bila  masalah  itu  tidak  segera 
         diselesaikan 
d. Semua benar  
13. Pada  bagian  hasil  dan  pembahasan,  yang  perlu disampaikan secara rinci adalah : 
a.  Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b.  Metode penelitian 
c.  Latar belakang masalah 
d.  Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan 



14. Pada bagian kesimpulan harus menjawab : 
a.  Manfaat penelitian 
b.  Tujuan penelitian 
c.  Masalah penelitian 
d.  Metode penelitian  
15. Lampiran penelitian meliputi : 
a.  RPP 
b.  Foto 
c.  Hasil Instrumen 
d.  Semua benar  
16.Penyusunan  RPP  merupakan  penjabaran  dari  silabus.
      Prinsip ini didasarkan pada teori : 
a. Sitem 
b. Belajar 
c. Pembelajaran 
d. Komunikasi  
17. Standar  Kompetensi,  Kompetensi  Dasar  dan  Indikator digunakan  untuk  mengembangkan  komponen  silabus,
      kecuali : 
a. Tujuan 
b. Materi 
c. Strategi 
d. Evalusi  
                                     
18.  langkah  pertam  menyusun  RPP  sebelum 
       mengembang  kan komponen pokok RPP :  
     a. Menuliskan standar kompetensi 
b. Mengidentifikasi identitas mata pelajaran 
c. Menuliskan judul mata pelajaran 
d. Mengidentifikasi materi pokok  
 19. Bahan  ajar  yang  ersifat  self  contained  
       (bahan  belajar  mandiri)  dirancang  dengan   komponen 
       sistem   pemelajaran,   kecuali : 
a. Tersedia petunjuk guru dan petunjuk siswa 
b. Tersedia tujuan, materi, latihan dan formatif 
c. Tersedia kunci jawaban dan umpan balik 
d. Tersedia lembar jawaban  
20.Lembar  Kerja  Siswa  (LKS)  dikembangkan  berdasarkan komponen di dalam silabus dan RPP
     a. Tujuan pembelajaran 
b. Materi pembelajaran 
c. Kegiatan belajar siswa 
d. Strategi pembelajaran  
21. Kalimat  yang  menunjukan  adanya  bilangan  
      kardinal adalah : 
a. Rony  memperoleh  nilai  tertinggi  dalam  tes matematika b. Riana mempunyai tiga anjing
c. Rerata  nilai  UASBN  matematika  tahun  ajaran 2011/
      2012 merupakan nilai  terendah yang dicapai SD Pesi
d. Hanya  siswa  dengan  nomor  tes  akhir  yang  
      tidak mendapat hadiah 



22. Pendekatan spiral dalam pembelajaran matematika SD
       mengiindikasikan  bahwa  pembelajaran diberikan 
       melalui : 
a. Matematika horisontal 
b. Matematika vertikal 
c. Objek langsung matematika 
d. Konteks yang dekat dengan anak  
23.Pemelajaran  matematika  yang  menerapkan  konsep DAP merupakan pemelajaran yang berpijak
      pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian : 
a. Objek langsung dan tidak langsung matematika 
b. Matematika horisontal dan vertikal 
c. Usia dan karakteristik individual 
d. Pengetahuan konseptual dan prosedural  
24.Pembelajaran  bilangan  dapat  diajarkan  dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk 
a. Memandingkan banyak benda 
b. Membilang benda secara bermakna 
c. Memanipulasi  benda  yang  menunjukkan  banyak
         dan urutan benda 
d. Membilang benda secara hapalan  
25 Model yang tidak dapat digunakan untuk menjelaskan 
     konsep operasi bilangan adalah : 
a. Himpunan 
b. Luas 
c. Panjang 
d. Volume  
26. Yang dimaksud IPA sebagai pruduk adalah : 
a. Kumpulan pengetahuan hasil temuan ahli IPA 
b. Teknologi yang dikembangkan seagai hasil terapan IPA c. Keterampilan yang lengkap mendapatkan IPA 
d. Berbagai sikap ilmiah yang dikembangkan melalui telah  IPA  
                                                 
27. Keterampilan komunikasi dapat dikembangkan dalam 
      pembelajaran IPA melalui : 
a. Menusun penelitian 
b.  Merumuskap hipotesis 
c.  Dapat membuat kesimpulan 
d.  Mengajukan hipotesis  
28.Diawah  ini  yang  merupakan  sikap  ilmiah  yang dikembangkan  melalui  pembelajaran  IPA  di  SD adalah : 
a. Kemampuan prediksi 
b. Menghargai pendapat teman 
c. Dapat membuat kesimpulan 
d. Mengajukan hipotesis  
29.Alasan  pembelajaran  IPA  tak  cukup  hanya  diajarkan 
     dengan ceramah : 
a. Materi pembelajaran IPA di SD terlalu anyak 
b. Pembelajaran IPA selalu harus dieksperimenkan 
c. Selalu tersedia alat IPA yang memadai di sekolah 
d. Tidak membelajarkan siswa keterampilan proses  

30.Yang termasuk keterampilan proses menengah adalah : 
a. Mengukur suatu besaran dengan alat ukur tertentu 
b. Membandingkan satu objek dengan objek lain 
c. Mengelompokkan berdasarkakriteria tertentu 
d. Mengajukan prediksi atasberbagai kemungkinan  
31.Yang dimaksud dengan IPA sebagai pruduk adalah : 
a. Pemerolehan IPA melalui metode ilmiah 
b. Konsep-konsep IPA hasil temuan ahli IPA 
c. Produk-produk IPA seperti barang-barang teknologi 
d. Sikap  ilmiah  yang  dikembangkan  melalui 
         pembelajar an IPA  
32.Salah satu contoh keterampilan proses IPA adalah : 
a. Ingin sesuatu yang baru 
b. Berfikir bebas 
c. Disiplin 
d. Komunikasi  
33. Salah  satu  contoh  sikap  ilmiah  pada  pembelajaran 
      IPA adalah : 
a. Bertanggung jawab 
b. Melakukan eksperimen 
c. Mengajukan hipotesis 
d. Membuat kesimpulan  
34.Keuntungan  pendekatan  keterampilan  proses  jika
     diterapkan pada pembelajaran IPA : 
a. Berkembangnya jumlah pertanyaan pada anak 
b. Guru tidak perlu terlalu aktif dalam mengajar 
c. Alat yang digunakan tersedia di sekitar anak 
d. Sekaligus dapat mengajarkan IPA sebagai produk  
35. Lingkungan  tepat  digunakan  sebagai  media 
      pembelajaran IPA di SD karena : 
a. Lingkungan merupakan sumber belajar 
b. Sesuai dengan objek pembelajaran IPA 
c. Guru tidak perlu bersusah payah 
d. Harganya sangat murah  
                                                         
36. Pembelajaran IPA sejalan dengan metode ilmiah adalah : 
a. Anak diberi penjelasan semua konsep yang dipelajari 
b. Anak diberi ceramah lalu melakukan percobaan 
c. Anak dibiarkan untuk melakukan percobaan sendiri 
d. Anak  melakukan  percobaan  lalu  diajak menyimpulkan
37 Penerapan  prinsip  belajar  berkesinambungan  pada pem belajaran IPA adalah : 
a. Belajar sepanjang hari 
b. Belajar dengan pengamatan 
c. Belajar dari contoh yang sulit terlebih dahulu 
d. Belajar dari pengamatan baru kesimpulan  
38Melalui  kurikulum,  sekolah Dasar  telah mengajarkan 
     Ilmu Pengetahuan Sosial, yang memiliki tujuan agar : 
a. Sedini  mungkin  peserta  didik  dapat  beradaptasi 
         dalam kehidupannya  




b. Mengenal  hakikat  pendidikan  Ilmu  Pendidikan Sosial c. Dapat membentuk manusia bejiwa sosial 
d. Memamhami hakikat kehidupan sosial  
39. Perana Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat : 
a. Mendorong  peradaban  manusia  dalam kehidupannya 
b. Memecahkan  berbagai  maslah  kehidupan  yang 
         dihadapinya 
c. Menangani masalah sosial dalam kehidupan 
d. Membentuk  anak  menjadi  anggota  masyarakat sosial  
40. Fungsi Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) dalam pandangan 
      pendisikan dasar, yang pertama dan  utama adalah : 
a. Membangun  fondasi  anak  sebagai  anggota
         masyarakat dan mkhlukindividu 
b. Menyiapkan masyarakat didik dalam era global  
c. Peletak  dasar  kesadaran  diri  para  siswa  sebagai 
         makhluk individu (carracter building) 
d. Melandasi  diri  anak  dengan  pengetahuan  tentang
         dunia beserta peradabannya.  
41.Karakteristik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD  adalah sebagai  mata  pelajaran  yang  lebih mengarah pada
a. Pembentukkan  karakter  (carracter  building)  
         sejak awal pendidikan dasar 
b. Mengembangkan kepribadian sebagai anak bangsa
         yang memiliki derajat sama dalam kehidupan 
c. Penyadaran  diri  sebagai  anggota  masyarakat  
         dan sebagai individu yang merdeka 
d. Pembentukan  peserta  didik  dalam  lingkungannya, 
         terhadap  berbagai  aktifitas  kehidupan  manusia 
         sampai peradabannya.  
42.DAP  (Depelopmentally  Appropiate  Practice) merupakan  prinsip-prinsip  kesesuaian  dalam pendekatan   pembelajaran  yang  efektif.  Prinsip tersebut meliputi : 
a. Usia, motivasi dan kebutuhan anak 
b. Kebutuhan, kemampuan dan karakter anak 
c. Perkembangan, motivasi dan usia anak 
d. Perkembangan, kemampuan dan kebutuhan anak  
43.Diperhatikan  dari  sifatnya  materi  Pendidikan  Ilmu Pengetahuan  Sosial  tergolong  sebagai  pengetahuan yang : 
a. Dinamis 
b. Statis 
c. Fleksibel 
d. Normative  
44. Pentingnya  sejak  usia  sekolah  dasar  diberikan 
       pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah  supaya: 
a. Anak didik mengenal lingkungan hidup sekitarnya 
b. Anak  didik  dspst menjadi anggota masyarakat  yang 
           baik 
c. Anak didik menguasai hakikat ilmu sosial 
d. Anak  didik  dapat  beradaptasi  dengan  lingkungan
           tempat hidupnya  

45. Makna  mendasar  dari  pengenalan  anak  didik  sebagai anggota masyarakat adalah sebagai proses ? 
a. Penyadaran  terhadap  keberadaan  dirinya  
           dalam lingkungan kehidupan 
b. Penanaman nilai ilmu sosial kemasyarakatan 
c. Transfer  ilmu  pengetahuan  dasar  tentang  
           hakikat ilmu sosial 
d. Pendewasaan  dalam  mensikapi  kehidupan
           bermasyarakat  
46. Menurut  Piaget  perkembangan  moral  anak  usia  SD 
      melalui dua tahap yaitu : 
a. Heterogen dan homogen 
b. Aouto dan introvet 
c. Extrovet dan introvet 
d. Auto nomous dan heteronomous  
47. Pada saat anak telah menyadari bahwa aturan dan hukum 
       diciptakan  manusia,  secara  prinsip  dalam  pandangan
       ilmu  pendidikan,  berarti  anak  tersebut  telah  memiliki      tahap perkembangan : 
a. Otonomi 
b. Self direction 
c. Aoutnomous 
d. Heteronomous  
48. Tokoh  perkembangan  moralitas  manusia  yang mengatakan  bahwa  anak  mengalami  penalaran  moral     secara konvensional adalah : 
a. Piaget 
b. Kohlberg 
c. Bandura 
d. Ki Hajar Dewantoro  
49. Pendidikan  Kewarganegaraan  disebut  juga  
       sebagai pendidikan untuk : 
a. Carracter Building 
b. Civil Education 
c. Life Adjustment Education 
d. self Awareness Education  
50. Pendekatan  pembelajaran  yang  dipandang  sangat  tepat untuk  mengajarkan  Pendidikan  Kewarganegaraan    bagi anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah : 
a. selalu  mengaitkan  materi  dengan  masalah kontekstualb. pemberian  contoh  sebagai  upaya  ilustrasi  materi 
           pembelajaran 
c. disesuaikan  dengan  kebutuhan  anak  usia  
          Sekolah Dasar 
d. pembelajaran yang menyenangkan bagi anak  
51. Selain  kita  mengenal  semboyan  “Bhineka  Tunggal Ika”sebenarnya  istilah  itu  dilengkapi  dengan semboyan         “Tan Hana Darma Mangrwa”
Makna dari semboyan kedua adalah : 
a. tidak ada pengorbanan yang kedua 
b. tiada pengabdian yang mendua  


      c. tidak ada cita-cita ganda 
d. tidak ada cita-cita untuk bercerai/hancur  
                                                         
52. Hak  azasi  manusia  hampir  di  seluruh  dunia  pada dasarnya masih terampas oleh pihak- pihak yang selalu ingin    berbuat  serakan  dan  menindas,  sampai  pada akhirnya 
       ada  sebuah  deklarasi  sedunia  tentang pengakuan 
       hak azasi tersebut yang dikenal dengan : 
a. Piagam Magna Charta 
b. Declaration of Indefendent 
c. Universal Declaration of Human Right 
d. United Nation of Human Right  
53. Pak  Andi  seorang  guru  menceritakan  cerita 
      “Dewi Sri”  kemudian  guru  menugaskan  
      siswa  membuat garis-garis  besar  cerita.  
      Pada  kegiatan  ini  siswa melakukan kegiatan : 
a. Menyimak ekstensif 
b. Menyimak kritis 
c. Menyimak sekilas 
d. Menyimak cepat  
54. Pada  suatu  hari  Bu  guru  Wati  menugaskan  murid-muridnya  masuk  ke  perpustakaan.       Lalu   meminta  muridnya  membaca  buku  dan  melaporkan  apa  yang
       sudah  dibaca. Jenis  membaca  yang  dilakukan  
        oleh murid Bu Wati adalah : 
a. Membaca pemahaman 
b. Membaca indah 
c. Membaca pustaka 
d. Membaca cepat  
55. Dalam  membaca  tehnik  yang  harus  diperhatikan adalah
a. Penguasaan lafal, jeda, lagu dan intonasi 
b. Pemahaman isi bacaan 
c. Kecepatan pemahanan isi bacaan 
d. Penguasaan struktur bahasa  
56. Kompetensi  utama  yang  ingin  dicapai  dalam 
      pembelajaran bahasa adalah : 
a. Siswa menguasai kaidah-kaidah kebahasaan 
b. Siswa menyenangi bahasa Indonesia 
c. Siawa terampil berkomunikasi 
d. Siswa mengagumi bahasa Indonesia  
57. Pendekatan  yang  menekankan  pada  kompetensi berkomunikasi  pada  pembelajaran  bahasa 
adalah pendekatan : 
a. Pendekatan keterampilan proses 
b. Pendekatan komunikatif 
c. Pendekatan whole language 
d. Pendekatan pragmatik 
58.Pendekatan Whole Language dalam pembelajaran bahasa  menekankan  pada pembelajaran
bahasa secara : 
a. Utuh  



b. Alamiah 
c. Komunikatif 
d. a dan b benar  
59.”Siswa mampu memahami  informasi  yang  disampaikan
       secara  lisan’.  Tujuan  pembelajaran  tersebut merupakan
       tujuan dari keterampilan berbahasa : 
a. membaca 
b.  berbicara 
c. menyimak 
d.  mendengarkan  
                                                      
60. Proses  belajar menulis  bersifat nonlinear, maksudnya 
       adalah : 
a.  menulis harus mulai dari teori 
b.  dalam menulis praktek dulu teori belakangan 
c.  kegiatan  menulis  dapat  dimulai  dari  yang 
             disenangi siwa 
d.  proses  menulis  tidak  harus  ada  urutan-rutan      tertentu dari a-z  

 
Kunci Jawaban
Soal A.
3. Jenis- Jenis Karya Ilmiah  Yaitu : Laporan, Makalah, Skripsi, Tesis Disertasi dan Resensi
 Soal B
1.  Perbedaan Penelitian Tindakan kelas dengan penelitian     kelas. Jelaskan
 Jawab.
 1.Penelitian eksperimen pada umumnya dilakukan satu kali, karena dalam penelitian eksperimen hanya sekedar menguji hipotesis. Sedangkan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan beberapa kali siklus, karena penelitian berahir jika hasil yang diperoleh sudah maksimal atau sesuai dengan ukuran yang diberikan.
2. Penelitian eksperimen menekankan hasil, karena hasil pengujian hipotesis yang diperoleh pasti diterima meskipun nihil. Sedangkan penelitian tindakan kelas (PTK) menekankan pada proses, karena selama hasil belum dicapai dimungkinkan terjadi kekurang tepatan proses yang dilakukan.
3. Penelitian eksperimen dapat digunakan dalam prosedur penelitian tindakan, misalnya dengan bereksperimen berbagai metode sampai hasilnya sesuai. Sedangkan penelitian tindakan tidak termasuk dalam prosedur penelitian eksperimen
2. Yang dimaksud dengan Pola Perencanaan t adalah Pola perencanaan  merupakan tahapan awal yang harus dilakukan guru sebelum melakukan sesuatu. Diharapkan rencana tersebut berpandangan ke depan, serta fleksibel untuk menerima efek-efek yang tak terduga dan dengan rencana tersebut secara dini kita dapat menguasai hambatan. Dengan perencanaan yang baik seorang praktisi akan lebih muda untuk mengatasi kesulitan dan mendorong para praktisi tersebut untuk bertindak dengan lebih efektif. Sebagai bagian dari perencanaan, partisipan harus bekerja sama dalam diskusi untuk membangun suatu kesamaan bahasa dalam menganalisis dan memperbaiki pengertian maupun tindakan mereka dalam situasi tertentu.
2. ACTION (TINDAKAN)
Tindakan ini merupakan penerapan dari perencanaan yang telah dibuat yang dapat berupa suatu penerapan model pembelajaran tertentu yang bertujuan untuk memperbaiki atau menyempurnakan model yang sedang dijalankan. Tindakan tersebut dapat dilakukan oleh mereka yang terlibat langsung dalam pelaiksanaan suatu model pembelajaran yang hasilnya juga akan dipergunakan untuk penyempurnaan pelaksanaan tugas.
.3. OBSERVATION (PENGAMATAN)
Pengamatan ini berfungsi untuk melihat dan mendokumentasikan pengaruh-pengaruh yang diakibatkan oleh tindakan dalam kelas. Hasil pengamatan ini merupakan dasar dilakukannya refleksi sehingga pengamatan yang dilakukan harus dapat menceritakan keadaan yang sesungguhnya. Dalam pengamatan, hal-hal yang perlu dicatat oleh peneliti adalah proses dari tindakan, efek-efek tindakan, lingkungan dan hambatan-hambatan yang muncul.
4. REFLECTION (REFLEKSI)
Releksi disini meliputi kegiatan : analisi, sintesis, penafsiran (penginterpretasian), menjelaskan dan menyimpulkan. Hasil dari refleksi adalah diadakannya revisi terhadap perencanaan yang telah dilaksanakan, yang akan dipergunakan untuk memperbaiki kinerja guru pada pertemuan selanjutnya. Dengan demikian, penelitian tindakan dapat dilaksanakan dalam sekali pertemuan karena hasil refleksi membutuhkan waktu sebagai planning untuk siklus selanjutnya.
Kunci Jawaban Pilihan ganda
1.d      11.a      21.b       31.b       41.d         51.b
2.a      12.d     22.c        32.b       42.a          52.c
3.d      13.a      23.c        33.b       43.c          53.a
4.c      14.a      24.b       34.a        44.c          54.a
5.d      15.d     25.b       35.a        45.a          55.b
6.d      16.c      26.d       36.d       46.d         56.a
7.c      17.c      27.a        37.d       47.d         57.b
8.c      18.b     28.c        38.a        48.b         58.a
9.b      19.d     29.b       39.a        49.a        59.d
10.a    20.d     30.a        40.d       50.c          60.d

Tidak ada komentar: